Miniature Circuit Breaker (MCB)

Fungsi, Cara Kerja Serta Penggunaan MCB


dalam dunia kelistrikan tidak asing lagi dengan MCB baik profesional maupun masi awam. Disetiap Pemasangan instalasi listrik tidak lepas dari MCB. Sejarah Miniatur Circuit Breaker diperkenalkan oleh Thomas Edison pada tahun 1879. pada waktu itu rangkaian distribusi listrik masi menggunakan sekring sebagai pemutus alairan listrik. MCB moderen ahirnya dipatenkan oleh Brown, Boveri dan Cie pada tahun 1924 sekelompok perusahaan teknik elektro di Swiss. (sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Circuit_breaker)

Fungsi MCB

Miniatur Circuit Breaker dalam sebua instalasi listrik berfungsi sebagai pelindung jaringan listrik. dan juga sebagai pembatas arus listrik dalam sebuah instalasi listrik. MCB dengan perangkat mekanisnya melindungi jaringan listrik dari arus yang berlebihan. arus yang berlebihan bisa terjadi akibat hubungan pendek, kelebihan, atau kesalahan desain. tidak seperti sekring, yang memerlukan penggantian baru jika terjadi arus berlebihan.MCB dengan desain mekanisnya tidak memerlukan pengantian baru. dengan demikian MCB digunakan sebagai pelindung jaringan listrik tampa biaya operasional besar jika dibandingkan dengan sekring atau Fuse.

Cara Kerja MCB

terdapat dua komponen pemutus otomatis pada MCB yaituh bimetal dan solenoid, dan keduanya bekerja secara bersama-sama. pada saat arus listrik kelebihan beban maka bimetal akan dipanaskan oleh heater. bimetal akan melengkung dan menekan kait mekanik juga secara bersamaan memicu solenoid menarik kait mekanik sehingga mekanikal MCB akan memutuskan terminal kontak.
perhatikan gambar dibawa:
miniatur circuit breaker (MCB)
MCB

  1. Input Incoming
  2. Bimetal
  3. Solenoid
  4. Kontak
  5. Output
  6. pemadam busur api
  7. mekanikal
sering MCB pada saat trip kita ingin segerah menaikkan knop atau tuas pada MCB tersebut. namun tuas tidak mau naik atau tuasnya seakan-akan menolak. hal ini disebabkan karena bimetal masi panas dan melengkung. tunggu beberapa saat sampai bimetal pada mcb tersebut dingin dan kembali ke posisi semulah. untuk mengetahui cara ker bimetal klik disini.




Related Posts: