Thermal Overload Relay

Funsi, Cara Kerja, dan Cara Pemasangan Thermal Overload Relay Dalam rangkaian Instalasi Listrik.


umumnya Thermal overload relay sering di sandingkan dengan Kontaktor pada instalasi atau pemasangan Motor listrik. sama halnya seperti fuse/skring overload berfunsi sebagai pemutus dalam rangkaian. perbedaanya adalah pada overload  dapat adjustable.Thermal overload relay bekerja berdasarkan pada tiga strip bimetal yang bekerja secara bersama-sama. fungsi dan cara kerjanya akan kita bahas dibawah ini.

Fungsi Thermal Overload Relay

Thermal overloada relay berfungsi sebagai protector atau pelindung dalam rangakaian instalasi listrik. Thermal overload relay akan memutuskan arus listrik jika aurs listrik dalam rangkaian melebihi nilai yang kita atur pada Thermal overload relay. atau sebagai pemutus jika terjadi arus listrik berlebihan dalam sebuah rangkaian listrik.
  • Contoh: kita akan memasang sebua instalasi Motor pompa dengan daya 10A. maka pada  overload kita setting antara 10A sampai 12A maka, Thermal overload relay akan memutuskan arus listrik ke Motor pompa jika melebihi dari 10A. 
pada sebua Thermal overload relay terdapat kontak NO dan NC. kontak NO biasanya di hubungkan dengan lampu atau alarm. ketika terjadi kelebihan daya maka lampu akan menyala sebagai penanda.pada alarm akan berbunyi jika terjadi kelebihan daya atau overload.

Cara kerja

komponen utama sebuah Thermal overload relay iyalah Bimetal. logam bimetal terdiri dari dua buah kepingan logam. kepingan bimetal akan melengkung ketika terjadi perubahan suhu.

  • Prinsip kerja Bimetal:bimetal terdiri dari dua buah kepingan logam yang berbeda, yaitu: satu kepingan logam yang tingkat keoefisien muai renda, dan satu kepingan logam  yang mempunyai tingkat keoefisien muai tinggi. bimetal akan melengkung ke arah kepingan logam yang keoefisiennya lebih rendah apabilah menerima suhu tinngi. sebaliknya bimetal akan kembali ke posisi semulah jika suhu sudah normal. 

kepingan bimetal yang mendapatkan panas
kepingan bimetal yang mendapatkan panas
pada sebuah Thermal overload relay terdapat sebua heater. nah heater inilah yang berfungsi  memanaskan bimetal. kepingan bimitel akan melengkung sesuai dengan prinsipnya, dan akan menggeser kontak NO dan NC.

Related Posts: