Kontaktor

KONTAKTOR

magnetik kontaktor sama halnya dengan relay yang digunakan sebagai kontrol dalam rangkaian instalasi listrik. perbedaanya adalah magnetik kontaktor digunakan untuk kontrol rangkaian daya besar. kebanyakan kontaktor digunakan untuk kontrol motor 3 fhasa.

Fungsi

maknetik kontaktor
contoh kontaktor


kontaktor adalah perangkat elektrik yang berfungsi sebagai saklar/switc(penghubung dan pemutus) pada rangkaian listrik. kontaktor biasanya di gunakan untuk peralatan yang membutukan listrik berdaya besar misalkan motor listrik .

Cara Kerja

cara kerja kontaktor bisa dijelasakan secara detail pada video berikut.


dari video diatas kita bisa memahami cara kerja kontaktor. ketika coil magnetik dialiri listrik maka maknet akan  menarik besi penghubung kedua sisi. disinila terjadi fungsi kontaktor itu sebagai saklar/swich.

Penggunaan Kontaktor

Kontakor banyak di aplikasikan pada berbagai keperluan jaringan listrik. misalkan pada motor listrik 3 fhasa(380 V) dan berbagai alat-alat listrik lainya yang membutukan daya listrik besar. kebanyakan kontaktor digunakan pada mesin yang menggunakan motor listrik. dimana kontaktor digunakan sebagai saklar/swich.

berikut contoh penggunaan kontaktor pada berbagai rangkaian listrik.

1 Penggunaan Kontaktor pada motor pompa.

 dalam hal ini kita mengunakan contoh kontaktor scneider dalam instalasi motor pompa air. pada gambar dibawah akan di jelaskan penggunaan kontaktor pada pompa air.













Related Posts: