Inverter

sering kita mendengar atau melihat kata inverter pada produk-produk electronik misalakan Air Condisioner (AC), mesin las listrik, dan charger aki. teknologi inverter digunakan pada berbagai perlatan elektronika. disamping pemakaian daya renda juga jenis arus listrik keluaran dari inverter lebi murni.

inverter adalah perangkat elektronik yang dapat mengubah arus bolak-balik(DC) ke arus searah(AC) pada tegangan dan frekuensi tertentu. inverter juga bisa diartikan sebagai pengubah gelombang pada sebua inverter terdapat sebuah ocsilator yang berfungsi inttuk mengbah gelombang listrik. ada tiga jenis inverter dilihat dari jenis gelombangnya:
  • inverter jenis gelombang  kotak
  • inverter jenis gelombang sinus murni
  • inverter jenis gelombang sinus modifikasi
namun yang paling banyak dipakai adalah, inverter jenis gelombang sinus murni yang cocok untuk semua jenis peralatan elektronik serta gelombangnya sama dengan gelombang distribusi listrik domestik.

Cara Kerja Inverter gelombang sinus
kita akan membahas bagaimana inverter itu bekerja. disini akan kita bahas inverter gelobang sinus. pembuatan inverter jenis ini lebih rumit jika dibandingkan dengan inverter jenis lainya. dibutuhkan lebi banyak komponen penyusun dan sitem kontrol yang canggi. dengan kemajuan teknologi dan sistem digital yang cepat, memungkinkan moderenisasi inverter gelombang sinus berdaya tinggi yang lebih efisien. cara kerja dari inverter adalah dengan merubah arus DC tegangan renda ke tegangan AC arus tinggi. lihat diagram gambar berikut:

 gambar diatas adalah blog diagram sederhana dari inverter. penjelasan dari masing blog diagram diatas adalah sebagai berikut:
  1. DC input bisa berupa aki atau battrey atau sumber arus lain.
  2. Sirkuit Kontol Input atau rangkaian pengendali bisa berupa tombol ON/OFF, Relay atau pemilih tegangan masukan.
  3. Rectifier adalah rangkaian jembatan Dioda. pada bagian ini arus DC akan dirubah ke arus AC.
  4. LC Filter sebagai penyaring arus dan tegangan yang terdiri dari kapasitor dan lilitan induktor.
  5. Transformator Step up berfungsi keluaran rangkaian dari sebuah inverter pada bagian ini Arus AC akan dinaikkan ke nilai tertentu.

demikian sobat sekalian penjelasan sederhana dan singkat dari sebua inverter semoga bisa bermanfaat.



Related Posts: