Relay

relay diciptakan pada tahun 1835 oleh American electromaknetiisme yang dipelopory oleh Joseph Henry dalam demonstarsi di college of new jersey. Henry mengatakan bahwa relay dengan electromagnetik kecil dapat digunakan untuk mengontrol berbagai peralat mesin.relay kemudian digunakan pada telepon switching komputer electronik pada saat itu.

apa itu relay?

relay adalah sebua saklar electromagnetik yang dengan pengoprasian yang membutuhkan listrik yang relatif kecil.inti dari relay adalah electromagnetik(gulungan kawat yang menghasilkan magnet saat dialari listrik).relay bisa diartikan sebagai pengkonversi arus kecil untuk kontrol arus yang lebih besar.relay banyak digunakan pada pada panel listrik konvensional, juga pada microprosesor untuk sistem yang modern. relay juga dapat dapat diartikan sebagai saklar, pada alarm kebakaran relay digunakan sebagai pemicu untuk membunyikan alarm. mari kita mencari tahu bagaimana relay itu bekerja.

 

dasar pengoprasian relay

1.kontak pada relay

sebelum membahas cara kerja relay akan membahas bagamana dasar dari relay itu bekerja. setiap relay memiliki dua komponen mekanikal sebagai kontak, yang beroperasi mirip saklar atau lebih sederhanya mirip push button. seperti pada gamabar berikut.

dasar kerja relay
dua terminal beroprasi sebagai saklar. ketika relay dalam keadaan ON arus listrik mengalir dari terminal 1 ke terminal 2. ada dua jenis kontak NO(normal open atau kontak terbuka dalam keadaan normal alias tidak terhubung) dan NC(normal close atau kontak tertutup dalam keadaan normal alias terhubung). kita bisa mengambarkan NO dan NC pada gamabar ilustrasi dibawa:
relay dalam keadaan NO dan NC
pada gambar relay dalam keadaan normal maksudnya relay tidak diberikan arus listrik.pada saat relay diberikan arus listrik  maka kontak NO akan tertutup dan menghubungkan kedua terminal. dan sebaliknya pada saat relay diberikan arus listrik maka kontak NC akan terbuka atau memutuskan kedua terminal. pada gambar berikut kita akan mencontokan bagaimana kontak NO beroperasi dengan menyalakan bola lampu.


cara kerja NO pada Relay
kontak NO


adapun NC bekerja justru sebaliknya, lihat ilustrasi dibawa:



cara kerja NC pada Relay 
kontak NC

pada ilustrasi diatas NC memutuskan kedua terminal saat relay dialiri aus listrik.

 

2.Kombinasi Kontak NO dan NC

dengan mengkombinasikan kontak NO dan NC, bisa kita lihat pada ilustrasi dibawa:


kombinasi Kontak NO dan NC pada Relay
kontak NO dan NC

pada ilustrasi diatas Relay dalam keadaan Normal. kontak NO dan NC merujuk pada pada Commom atau perintah. atau bisa kita lihat pada gambar dibawah ini.

Kerja kontak NO dan NC pada Relay
Kontak  NO dan NC



Cara kerja relay

dari penjelasan diatas kita ketahui relay berfungsi sebagai peminda dari terminal satu ke terminal yang lainnya. jadi relay bisa difungsikan sebagai pemutus atau penghubung. sebua relay memiliki mekanisme atau cara kerjanya, dimana relay terdiri dari Coil maganetik dan sebuah spring/per. perhatikan gambar berikut:
per dalam sebuah relay
dari gambar diatas relay dalam keadaan normal dan per menarik terminal commom ke terminal kontak NC. jadi kita simpulkan kontak NC pada relay iyalah ketika relay dalam keadaan normal terminalnya terhubung dengan Commom. dan sebaliknya terminal yang satunya adalah NO. lengkapnya sebua relay bisa kita perhatikan gambar berikut ini:
Coil magnetik dalam Relay
Coil magnetik warna coklat

 pada gambar diatas kita lihat adanya logam besi dan coil magnetik(warna colat).Coil magnetik pada saat dialiri arus listrik akan menghasilkan magnet dan menarik terminal commom. terminal commom akan tertarik ke kontak NO. dan ketika arus listrik ke Coil magnetik diputuskan maka terminal Commom akan kembali ke contak NC karena adanya daya tarik dari sebuah per. untuk lebi lengkapanya berikut disertakan ilustrasi Relay dalam menghidupkan sebua peralatan listrik:
pengunaan sebuah relay
ilustrasi cara kerja relay
dari gambar diatas dijelaskan bagaimana relay bekerja mengaktifkan sebua perlatan rumah tangga. 


Demikian agan-agan semoga bisa bermanfaat. adapun kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan. kritikan dan masukan serta komentar dari agan-agan bisa ditulis pada kolom komentar dibawah.




Related Posts: