5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik

CARA MENGURANGI BIAYA TAGIHAN LISTRIK

salah satu pengeluaran rumah tangga  yang paling banyak  adalah tagihan listrik yang membengkak. berikut 5 tips cara mengurangi tagihan listrik.

1.Gunakan Panel Surya

Panel surya bisa di manfaatkan untuk mengurangi tagihan listrik. di indonesia masi tidak terlalu familiar, dikarenakan harganya yang masi mahal untuk kalangan menenga kebawa.untuk di rumah panel surya bisa kita pakai untuk menyalakan lampu, carge hp, radio, dll.  sedangkan peralatan  lainnya yang membutukan daya listrik besar bisa kita pakai listrik  dari PLN. jadi bisa hemat pemakaian.

2.Beralih ke lampu LED.

kini dengan perkembangan dunia electronika, Lampu LED menjadi pilihan untuk penerangan saat ini. disamping harga yang murah juga komsumsi listrik rendah. ini juga bisa mengurangi tagihan listrik dengan beralih ke lampu LED.

3.Kurangi Pemakain AC dan Pemanas

kurangi pemakaian AC atau ganti dengan AC Inverter yang hemat daya, atau sekali dalam seminggu jangan memakai AC. Kurangi pemakaian Pemanas, semua jenis peralatan listrik yang sifatnya memanaskan mebutuhkan daya listrik yang sangat besar. ini juga bisa bisa mengurangi tagihan listrik dengan pengontrolan pemakaian alat-alat listrik.

4.Kontrol pemakaian alat-alat listrik.

pemakaian yang tidak terkontrol bisa juga mengakibatkan tagihan listrik membengkak. matikan peralatan listrik yang tidak terpakai. misal kita sering meninggalkan TV dalam keadaan menyalah, atau lupa mematikan lampu saat meninggalakan sebua ruangan atau rumah.

5.miliki kulkas hybrid

kulkas tidak lepas dari perabotan rumah tangga. kulkas sebagai penjaga makanan tetap segar bekerja sepanjang hari untuk menjagfa makanan tetap segar.namun dengan perkembangan teknologi sudahtersedia di pasaran kulkas yang mengusung tema hybrid. kulkas jenis terbaru ini bisa  mempertahankan makanan tetap segar tampa listrik. jadi kita bisa hemat dengan tidak harus menyalakan kulkas setiap hari.

demikian tips 5 cara mengurangi  tagihan listrik


Related Posts: