Cara memeriksa coil atau kumparan motor 3 phasa

ada beberpa motor AC, masing-masing sesuai dengan karakteristik operasi dan mekanik yang berbeda. yang paling umum jenis squirrel cage rotor. pada motor 3 phasa yang memiliki tiga gulungan, terdapat enam koneksi yang mengara ke kotak terminal konektor. pada dasarnya ada 4 masalah pada motor 3 phasa.
  1. Coil atau kumparan rusak
  2. Short atau hubungan pendek pada coil
  3. Coil bocor ke grund
  4. Coil satu sama lain saling short atau hubungan pendek
semua masalah diatas dapat diketahui dengan ohm mter sederhana. yang perlu diketahui adalah hubungan keenam terminal konektor yang mengarah ke kumparan motor. terminal konektor dapat dilihat pada gambar berikut ini.....
koneksi star
Terminal Konektor STAR
koneksi delta
Terminal Konektor DELTA
 pada motor 3phasa memilki tiga kumparan.masing-masing kumpran tersebut memiliki dua ujung konektor yang terhubung ke boks terminal konektor motor. lihat gambar dibawa......
pola hubungan pada terminal konektor motor 3phasa
hubungan terminal motor 3phasa
kumparan terhubung dengan pola silang untuk memudakan penyambungan pada saat motor terhubung pada koneksi Star atau Delta.

memeriksa gulungan motor dengan ohm meter
pertama memastikan motor tidak terhubung secara Delta atau Star. atau mencopot plat penghubung konektor. sehingga pada kotak konektor terlihat seperti gambar dibawah:
terminal konektor motor 3 phasa
terminal pada kotak konektor motor 3phasa
peretama kita harus mengetahui pola silang pada hubungan terminal tersebut ke kuparan motor. jadi kita harus mengetahui dulu pasangan terminal masing-masing (satu pasang terminal untuk setiap kumparan). misalkan diketahui seperti contoh gambar diatas, masing-masing terminal 1 dengan C, terminal 2 dengan A, terminal 3 dengan B(berpola silang). setiap pasangan terminal yang terhubung ke masing-masing kumparan tidak saling berhubungan. terminal 1 dan A, terminal 2 dan B, terminal 3 dan C tidak berhubungan. ukur dengan ohm meter, jika saling berhubungan berarti kumparan satu sama laij saling sort. ukur setiap terminal dengan ground untuk mengetahui adanya kumparan yang sort ke ground atau bodi.

sekian dulu semoga bermanfaat......


Related Posts: