Pengertian kapasitor

ditemukan pertama kali oleh Ewalt Georg Von Kleis pada tahun 1745 di jerman. kapasitor sering disebut kondensator adalah perangkat pasif sederhana yang digunakan untuk menimpan muatan listrik. sama seperti batrey isi ulang kecil, kapsitor memiliki kemampuan menyimpan energi listrik yang menghasilkan beda potensial. ada bnyak jenis kapasitor mulai dari kapasitor kapasitas kecil hingga yang berkasitas besar untuk faktor daya. semuanya mempunyai fungsi yang sama sebagai penyimpan muatan listrik.


lambang kapasitor by-polar
pada dasarnya kapasitor terdiri dari dua bua kepingan logam konduktif, keduanya tidak terhubung satu sama lain. kedua bahan tersebut dipisakan dengan bahan isolasi, bahan osolasi ini bayak jenisnya baik itu udara, kertas, lilin, mika, keramik, plastik atau bahan berbentuk jel untuk kapasitor jenis elektrolit. lapisan isolasi biasanya disebut Dielectric.

lambang kapasitor non polar.
arus DC tidak dapat melalui kapsitor jenis ini,  kecuali jenis electrolit. kapsitor juga bisa digunakan sebagai filter arus dan tegangan listrik. kapsitor sendiri dibagi menjadi dua yaitu kapsitor bipolar dan nonpolar. kapasitor.



Related Posts: