Encorder Rotary

pada artikel ini kita akan membahas sebagian kecil dari komponen encorder rotary atau alat perekam putaran motor. encorder kebanyakan digunakan pada motor listrik. untuk mengotrol putaran sebuah motor. baik itu motor DC dan motor AC.

Apa Itu Encorder Rotary

encorder rotary adalah sensor gerak mekanis yang menghasilkan sinyal digital dalam menanggapi gerakan putaran. dengan alat ini kita bisa mengetahui posisi, kecepatan dan arah sebuah motor. ada dua jenis encorder yaituh: linear dan rotary. Encorder  torgolong dalam jenis  komponen elektromekanikal yang bekerja dengan cara merekam gerakan putaran. encorder banyak dipakai dalam industri perakaitan robotik dan juga kebanyakan dipakai sebagai pengendali putaran motor listrik. pada perkaitan robot encorder dipakai sebagai pengendali gerakan robot.
sebuah encorder memiliki rangkaian pengendali atau driver. dan encorder akan mengirim data putaran ke rangkaian ini. jadi dengan memakai encorder rotary kita dapat mengontrol putaran sebuah motor. kita juga bisa mengatur sebuah putaran motor dangan mengetahui jumlah putaran dari motor tersebut. misalkan pada sebua pintu sleding otomatis yang menggunakan encorder rotary sebagai pengendalinya, jadi kita dapat megontrol kapan sebuah motor berhenti bekerja. sebuah  putaran motor dihitung dengan satuan RPM(revolution per minute) atau berapa kali putaran motor dalam satu menit. dengan encorder kita membaca putarn dengan CPR(cycles per revolution) bahasa indonesianya siklus dalam satu kali putaran.

Penggunaan encorder pada motor listrik

pada berbagi perangkat, alat, dan perlatan yang menggunakan motor listrik sebagai komponen penggerak, encorder digunakan sebagai alat pengontrol kecepatan, arah putaran, dan posisi motor.
  • Sebagai alat pengontrol putaran maksunya iyalah: encorder digunakan untuk mengetahui berapa putaran sebua motor atau seberapa sebuah motor berputar jika bekerja dalam waktu tertentu.
  • Sebagai pelacak arah putaran iyalah dimana kita dapat mengetahui arah putaran motor listrik.
  • Sebagai kontrol posisi , encorder digunakan untuk mengontrol posisi motor yang bekerja. jadi kita dapat mengatur kapan atau pada putaran berapa motor itu berhenti bekerja atau stop.
Contoh: penggunan encorder pada sebuah pintu geser otomatis dimana encroder digunakan sebagai kontrol posisi motor. pada saat pintu otomatis bekerja encorder akan menghitung jumlah putaran motor sampai pintu tertutup. maka akan diketahui berapa kali motor berputar mendorong pintu tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Encorder Rotary"

Post a Comment