Resistor

resistor adalah sala satu komponen pasif dalam dunia elektronika.resistor berfungsi sebagai tahanan terhadap arus dan tegangan. resistor dibagi lagi kedalam berbagai macam bentuk sesuai fungsinya masing-masing. sebuah resistor mempunyai nilai resistansi yang dihitung dengan satuan OHM (symbol: Ω).

Sejarah Resistor

Dikutip dari laman wikipedia resistor pertama kalinya ditemukan oleh seorang dari jerman bernama Georg Simon Ohm yang mengemukakan bahwa adanya penurunan gaya elektromagnetis yang dihasilkan oleh suatu kawat yang diperpanjang. beliau kemudian meperkenalkan penemuanya dan dikenal sebagai hukum OHM sampai sekarang. seiring dengan perkembangan jaman resistor pertama kalinya diciptakan dalam bentuk resistor film bertoleransi 5%. kemudian jenis resistorpun dikembangkan sesuai kebutuhan elektronik sampai pada saat ini.

Kode Warna Pada Resistor Nilai tetap

setiap resitor bernilai tetap mempunyai kode warna atau pita untuk menentukan nilai resistansinya.setiap warna tersebut mempunyai nilai. berikut nilai kode warna pada resistor:

 Tabel Kode Warna Resitor Bernilai Tetap

kode warna pada resistor tetap
tabel kode warna resistor
pada terlihat beberapa kode warna pada resistor tetap. kita dapat menghitung nilai dari resistor dengan menggunakan tabel diatas. perhatikan gambar berikut:
sebuah resistor benilai tetap dengan nilai:47Mega ohm.......

nilai warna pada resistor tetap


warna pertama                =  4
warna kedua                    =  7
warna kedua pengalih     = 1000
warna keempat(toleransi)= 5%

47 X 1000 = 47000 ohm =    47MΩ ±5%

Maksud nilai toleransi pada resistor

diketahui sebuah resitor 300Ω  bertoleransi ±10% maka dihitung sebagai berikut:
300 + 10% = 330Ω 
300 - 10% = 270Ω 
berarti resistor tersebut bekerja pada tahanan 270Ω  - 330Ω .

Jenis-Jenis Resistor

resistor dibagi kedalam dua bagian yaitu resistor bernilai tetap dan resistor variabel. resitor nilai tetap atau resitor yang mempunyai nilai resistansi tetap dan mempunyai toleransi. sedangkan resistor variabel adalah resitor yang dimana nilai resitansinya dapat dirubah. berikut jenis-jenis dari resitor

1.Resistor bernilai tetap
2.Resistor Variabel
     jenis resitor ini mempunayai banyak bentuk:
  • Rheostat
  • Potensiometer
  • Trimpot
  • Thermistor
  • Humistor
  • Photoresistor
  • Memristor
  • Varistor
ada jenis resistor lainya yang dipakai pada metode PCB SMT(surface-mount tecnology) atau bahasa kerenya metode pemasangan langsung pada permukaan pcb, resistor jenis ini  disebut resitor SMD(surface-mount device) atau lebih dikenal dengan chip resitor. akan kita bahas pada artikel berikutnya.......








Related Posts:

0 Response to "Resistor"

Post a Comment